Posted on

Kemendikbud: Pendidikan agama masih dalam agenda pendidikan

Kemendikbud-Pendidikan-agama-masih-dalam-agenda-pendidikan

Kepala Departemen Kerjasama dan Humas Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hendarman mengatakan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang unggul tidak hanya terfokus pada kemampuan kognitif saja tetapi perlu holistik.

Oleh karena itu, ia menekankan bahwa Roadmap Pendidikan 2020-2035, selain kompetensi ke-21, termasuk tujuan membangun profil peserta didik Pancasila sebagai sumber daya manusia yang unggul.

“Agama sangat penting bagi kami, bangsa Indonesia, dan itulah mengapa kami mencerminkan profil siswa Pancasila.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak pernah berencana meniadakan pendidikan agama. Pendidikan agama akan terus berlanjut,” kata Hendarman yang juga Kepala Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga: Masuk Kampus Pengajaran, Mahasiswa Dapat Uang Saku Bulanan Dan Bantuan UKT

Menanggapi dokumen Roadmap Pendidikan 2020-2035 yang beredar di masyarakat, Hendarman mengaku selama ini baru menghasilkan draft atau draf Roadmap Pendidikan dan dokumen ini bukanlah dokumen final.

“Informasi di setiap halaman menunjukkan bahwa dokumen masih dalam bentuk draft.

Isinya belum lengkap, jadi belum bisa bicara dokumen definitif,” jelas Hendarman.

Dikatakannya, status Roadmap Pendidikan Indonesia 2020-2035 saat ini masih dalam bentuk draf, yang selanjutnya akan disempurnakan dengan mendengarkan dan menerima masukan serta kritik yang membangun dari berbagai pihak.

Dapatkan informasi, inspirasi, dan wawasan di email Anda.
email pendaftaran

Dalam prosesnya, ia menekankan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendengarkan dan menindaklanjuti kritik yang membangun.

“Semua kontribusi yang sangat baik, termasuk penambahan kata-kata religi secara eksplisit, akan menjadi pertimbangan dalam menyusun roadmap pendidikan selanjutnya,” ujarnya.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa D4-S1 untuk Mahasiswa, Hibah Rp 1 Juta Per Bulan

Hendarman juga menyampaikan bahwa penyusunan Roadmap Pendidikan 2020-2035

sudah dimulai atas masukan yang sangat positif dari Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Dalam perjalanannya, Kemendikbud telah bertemu dan meminta kontribusi dari lebih dari 60 pihak, yaitu ormas, perguruan tinggi, ormas keagamaan, asosiasi profesi, lembaga pendidikan, ormas multilateral dan lain sebagainya,” ujarnya.

Kemendikbud, lanjutnya, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas perhatian berbagai kalangan terhadap penyempurnaan Roadmap Pendidikan 2020-2035 dan akan terus mengumumkan perkembangan terkait pembuatannya.

LIHAT JUGA :

https://paskot.id/
https://politeknikimigrasi.ac.id/
https://stikessarimulia.ac.id/
https://unimedia.ac.id/
https://www.hindsband.com/
https://savepapajohns.com/
https://mudikbumn.co.id/