Tips Sukses Belajar di Tahun Ajaran Baru

21 Aug 2014

selamat kembali ke sekolah! Selamat juga ya untuk kamu yang sekarang sudah masuk ke sekolah baru atau menjadi kakak kelas. Berhubung sekarang tahun ajaran baru, kayaknya sekarang waktu yang pas untuk menata lagi resolusi belajar kamu. Jika tahun kemarin kamu hanya berhasil masuk peringkat 10 besar di kelas, mungkin tahun ini kamu punya ambisi untuk masuk dalam peringkat 5 besar. Sebelum membuat resolusi belajar ga ada salahnya untuk menyimak tips berikut ini.

1.Cek lagi perlengkapan sekolah
Perlengkapan sekolah ngga mesti baru, tapi usahakan perlengkapan sekolah kamu lengkap. Belajar dengan perlengkapan yang lengkap menghindarkan kamu dari gangguan belajar karena harus meminjam ke teman lain.

2.Atur lagi pola makan dan tidur kamu
Dengan pola makan dan tidur yang teratur tubuh kamu akan tetap fit. Dengan tubuh yang fit, tentunya konsentrasi belajar juga akan semakin baik. Tambah lagi, kamu jadi ngga gampang sakit.

3.Buatlah strategi belajar dan misi yang baru.
Karena ini tahun ajaran baru, saatnya untuk membuat strategi belajar baru. Terutama kalau kamu merasa strategi belajar tahun lalu kurang efektif.

4.Ciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar.
Keluarga di rumah mungkin perlu membantu kamu untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif. Minta mereka untuk untuk tidak terlalu berisik atau mematikan tv di jam-jam belajarmu. Kalau kamu tidak bisa mendapatkan suasana yang nyaman di rumah, maka belajar di luar rumah seperti perpustakaan mungkin bisa jadi pilihan kamu.

5. Rileks juga penting
Setelah semua yang lakukan, otak kamu juga butuh rileks. Pergilah berlibur di hari minggu karena otak yang belajar terus menerus ternyata bukan cara belajar yang baik. Justru dengan mengistirahatkan otak, otak menjadi mudah untuk menerima pelajaran. Selamat belajar :)