Frequently Asked Question (FAQ)

1. Apakah yang dimaksud dengan CALPICO?
CALPICO adalah minuman susu fermentasi yang diproses dengan menggunakan bakteri baik, memiliki rasa unik, manis menyegarkan dan baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. CALPICO berasal dari kata "CALPIS" merupakan gabungan dari kata "Cal" yang berarti Calsium dan "Pis" dari kata Sarpis yang artinya rasa yang lezat.
2. Apakah CALPICO menggunakan pengawet?
Tidak, CALPICO tidak menggunakan bahan pengawet. Karena CALPICO merupakan produk fermentasi asam laktat, dimana produk asam laktat bersifat asam (pH ± 3.5) sehingga sifat asamnya itu sudah dapat mengawetkan produk. Selain itu, proses pemasakan/pasteurisasi yang dilakukan dengan suhu tinggi dalam proses pembuatan CALPICO, akan membunuh semua bakteri pathogen (penyebab penyakit/perusak) yang ada sehingga umur simpan CALPICO akan lebih panjang dan aman dikonsumsi. CALPICO aman dikonsumsi kapan saja dan dimana saja meskipun tidak disimpan dalam pendingin. Namun demikian tidak semua bahan pengawet itu berbahaya, beberapa bahan pengawet makanan sudah disetujui oleh BPOM aman untuk digunakan dan dikonsumsi.
3. Bagaimana cara penyajian CALPICO?
CALPICO adalah produk siap minum. Penyimpanan pada suhu ruang tidak akan membuat produk berubah fungsi dan rasa, tetap aman. Tetapi disarankan untuk diminum dalam keadaan dingin, karena citarasanya akan lebih optimum pada suhu dingin (lebih enak). CALPICO juga dapat diolah menjadi berbagai alternatif penyajian lain yang nikmat, untuk lebih detailnya silahkan dilihat di CALPICO CAFE.
4. Apakah CALPICO boleh diminum oleh anak dibawah umur 1 tahun?
Untuk anak dibawah umur 1 tahun yang telah disapih (telah lepas ASI dan mulai meminum susu sapi/susu tambahan lain) atau sudah terbiasa dengan makanan selain ASI (misalnya bubur, air jeruk dll), maka Anda dapat memberikan CALPICO Mini kepada anak Anda. Pemberian CALPICO Mini kepada anak anda baik untuk membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus agar pencernaan lancar, daya serap (terhadap makanan) meningkat dan daya tahan (terhadap penyakit) juga meningkat. Pemberian Calpico Soda tidak dianjurkan karena minuman tersebut mengandung soda dan kurang baik untuk kesehatan anak balita.
5. Bagaimana proses pembuatan CALPICO?
CALPICO dibuat dengan melakukan proses fermentasi susu tanpa lemak dengan menggunakan bakteri baik Lactobacillus sp. larutan CALPICO akan dimasukkan ke dalam botol bersih yang kemudian dipasteurisasi atau dimasak untuk membunuh semua bakteri jahat sehingga CALPICO aman jika diminum. (Lihat proses produksi CALPICO).
6. Apa yang dimaksud dengan Lactobacillus sp. pada lebel kemasan CALPICO?
Lactobacillus sp. adalah nama generik dari bakteri baik yang memberikan flavor (rasa dan aroma) khas pada CALPICO. Bakteri baik ini dapat tumbuh dan berkembangbiak dengan baik dalam susu, dengan kontrol waktu dan suhu yang tepat akan membuat susu tersebut menjadi unik, baik rasa maupun aromanya. Bakteri inilah yang digunakan untuk membuat semua produk CALPICO sebagai minuman susu fermentasi.
7. Apakah CALPICO boleh diminum oleh anak balita?
CALPICO adalah produk yang aman dan merupakan produk umum yang dapat dikonsumsi oleh semua usia dari balita sampai lansia (kecuali bayi). Untuk anak-anak dan remaja dapat menikmati CALPICO Mini dan CALPICO TEENZ , untuk orang dewasa dapat menikmanti kesegaran CALPICO Soda. CALPICO dibuat sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia dan Jepang.
8. Berapa banyak konsumsi yang disarankan dalam meminum CALPICO?
Tidak ada ketentuan/dosis khusus untuk meminum/mengkonsumsi CALPICO karena CALPICO adalah "minuman", bukan obat atau supplemen. Tetapi untuk menikmati manfaat CALPICO disarankan untuk mengkonsumsinya secara rutin setiap hari.
9. Apakah Manfaat CALPICO?
CALPICO sebagai minuman susu fermentasi mengandung banyak manfaat susu fermentasi antara lain : Mengandung protein susu dengan nilai gizi yang lebih tinggi yang merupakan hasil metabolisme dari proses fermentasi; Meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus sehingga pencernaan menjadi lancar; Baik bagi penderita lactose-intolerance (seseorang yang tidak dapat mencerna laktosa dalam susu sehingga jika dia mengkonsumsi susu akan mengalami diare), karena laktosa dalam susu akan dipecah oleh bakteri asam laktat melalui proses fermentasi sehingga memudahkan untuk diserap tubuh; Daya serap (terhadap makanan) meningkat. Selain itu CALPICO juga mengandung serat kedelai yang merupakan serat pangan yang baik bagi tubuh. Manfaat kesehatan dari susu fermentasi ini telah diteliti selama bertahun-tahun dan masih dilakukan di Calpis Co., Ltd Jepang.