Tentang Kami
Produk
Kontak Kreasimenu

Ayo follow kita :

© PT Calpis Indonesia 2018 - All rights reserved

Tips menjaga kekebalan tubuh anak saat musim hujan wajib diketahui oleh orangtua.


Minggu, 05 Januari 2020 14:12 WIB


Sebab, dengan melakukan tips menjaga kekebalan tubuh anak saat musim hujan ini, Moms tak akan khawatir bila Si Kecil jadi sakit. Tips menjaga kekebalan tunuh anak saat musim hujan sangat tepat seperti kata pepatah: lebih baik mencegah daripada mengobati'.
Moms bisa mencegah anak agar terhindar dari penyakit dengan meningkatkan kekebalan tubuhnya.


Berikut tipsnya.


1. Makan dengan tepat waktu


Waktu makan yang disiplin penting bagi pencernaan dan bantu tubuh menjadi lebih kuat. Namun, coba untuk tidak berikan cemilan berat yang justru dapat membuat anak kurang nafsu makanmengonsumsi makanan berat.


2. Tingkatkan waktu tidur


Menurut Kathi Kemper, M.D., anak yang kurang tidur menjadi rentan terkena penyakit karena berkurangnya sel kekebalan tubuh (killer cells) yang dapat menyerang mikroba dan sel-sel kanker. Lalu, berapa jam waktu tidur yang dibutuhkan Si Kecil? Untuk bayi baru lahir, perlu tidur sampai 18 jam sehari, balita perlu 12 sampai 13 jam, sementara anak TK membutuhkan sekitar 10 jam. "Jika Si Kecil tidak bisa atau tidak mau tidu siang, cobalah untuk membuatnya tidur lebih awal," kata dr. Kemper.


3. Berikan ASI


ASI mengandung antibodi yang tingkatkan sistem kekebalan tubuh yang berasal dari Moms Kolostrum, cairan berwarna kekuningan yang keluar pertama kali sebelum ASI punya banyak antibodi yang dapat menyerang penyakit.  The American Academy of Pediatrics merekomendasikan Moms untuk menyusui selama setahun. Jika terlalu sulit, coba menyusui setidaknya di bulan 2 hingga 3 pertama untuk melengkapi imunitas bayi tersebut.


 4. Konsumsi buah-buahan dan sayuran


Wortel, kacang panjang, jeruk, stroberi, mengandung fitronutrien seperti vitamin C dan karotenoid. William Sears, M.D. mengatakan bahwa fitonutrien bisa tingkatkan imunitas tubuh dengan memproduksi sel darah putih dan interferon, antibodi yang dapat  menghalangi masuknya virus. Moms bisa ajak anak untuk mengonsumsi sayur dan buah setidaknya sekali sehari.


5. Jaga kebersihan


Pastikan Si Kecil mencuci tangannya dengan sabun sehabis memegang sesuatu yang kotor. Kuncinya,  biasakan hidup bersih sehingga penyakit pun enggan mendekati. Strategi dari Barbara Rich, D.D.S., "jika anak sakit, langsung buang sikat giginya."Anak tidak bisa terkena penyakit batuk dan pilek dengan virus yang sama dua kali. Tetapi virus bisa menyebar ke sikat gigi lain dan menularkan kepada anggota keluarga lainnya.


6. Jangan merokok dan meminum alkohol


Orangtua yang merokok membuat anaknya menjadi perokok pasif. Hal ini sangat berbahaya apalagi sistem tubuhnya juga masih dalam perkembangan. Jika tidak ingin anak ketika dewasa nantinya ikut mengonsumsi alkohol, ada baiknya orangtua juga berhenti meminumnya atau setidaknya kurangi porsinya.


7. Berolahraga bersama keluarga


Berolahraga dapat tingkatkan produksi sel NK (natural killer cells). Selain itu, rajin berolahraga juga bisa membentuk kebiasaan yang bagus hingga dewasa nanti. Pastikan Si Kecil melakukan aktivitas fisik 1-2 jam setiap hari. Moms dan Dads juga turut ikut berolahraga ya agar Si Kecil termotivasi. Beberapa kegiatan keluarga yang asik dilakukan seperti bersepeda, bermain bola, berenang, atau bulutangkis.


8. Vaksin tepat pada waktunya


Imunisasi wajib dilakukan pada Si Kecil agar terhindar dari penyakit mematikan.

Sumber : https://nakita.grid.id/read/02961931/tips-menjaga-kekebalan-tubuh-anak-saat-musim-hujan-orangtua-wajib-tahu?page=all



Artikel yang lain :