Tentang Kami
Produk
Kontak Kreasimenu

Ayo follow kita :

© PT Calpis Indonesia 2018 - All rights reserved

Puasa Sebentar Lagi, Ini 8 Persiapan yang Harus Dilakukan Kaum Muslim


Minggu, 05 Mei 2019 14:27 WIB


Tinggal menghitung hari, kita sebentar lagi akan kembali dipertemukan dengan bulan penuh berkah Ramadan.


Ada banyak kebaikan dan nilai-nilai positif yang tentu saja akan kamu dapatkan saat menginjak bulan puasa. Selain pahala dilipatgandakan, kamu juga akan merasakan hati dan jiwa kamu menjadi tenteram karena di bulan tersebut segala kemudharatan akan bisa tersingkirkan.







Untuk menyambut bulan Ramadan, berikut ini beberapa persiapan utama yang mesti kamu lakukan agar ibadah puasa nanti bisa memberikan pengaruh positif dalam kehidupanmu.


1. Saling meminta maaf menyucikan hati masing-masing


Puasa Sebentar Lagi, Ini 8 Persiapan yang Harus Dilakukan Kaum MuslimPixabay.com/inkapinka

Untuk memasuki bulan yang suci, tentu saja hati dan pikiran kita harus suci juga kan?


Karena manusia tak luput dari kesalahan, saling meminta maaf kepada orang-orang terdekat menjelang puasa mutlak memang harus dilakukan. Apalagi sedang musim kubu-kubuan seperti sekarang ini, terkadang ada beberapa postingan dan ucapan yang menyakiti, saling meminta maaf tentu saja merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan.


2. Lebih dalam mempelajari ilmu agama, terutama doa dan amalan di bulan Ramadan


Puasa Sebentar Lagi, Ini 8 Persiapan yang Harus Dilakukan Kaum MuslimPixabay.com/Fuzz















Sebenarnya bukan hanya menjelang puasa saja sih, mempelajari ilmu agama bisa dilakukan kapan pun selama kita mau dan mampu.





Karena segala kebaikan dan amal dilipatgandakan di bulan puasa, maka kamu wajib memperdalam ilmu agama agar bisa mengisi Ramadan dengan banyak ibadah. Kamu tidak ingin Ramadan tahun ini terlewat begitu saja tanpa diisi dengan berbagai kegiatan ibadah kan?


3. Belajar mengendalikan emosi


Puasa Sebentar Lagi, Ini 8 Persiapan yang Harus Dilakukan Kaum MuslimPixabay.com/Mandyme27

Karena salah satu pantangan puasa adalah menahan emosi, maka mulai sekarang belajarlah mengendalikan hawa nafsu. Amarah yang meledak-ledak tentu saja akan membuat nilai puasamu tidak memberikan pengaruh apapun dalam kehidupanmu. Sabar, ikhlas, dan selalu berjalan dalam koridor kebenaran merupakan salah satu cara untuk mengendalikan emosi.


4. Kurangi hal-hal yang bersifat maksiat dan membicarakan keburukan orang lain


Puasa Sebentar Lagi, Ini 8 Persiapan yang Harus Dilakukan Kaum MuslimPixabay.com/Free-Photos

Segala hal yang kita lakukan dan ucapkan biasanya berpotensi ke hal-hal buruk dan kemaksiatan. Untuk menghindarinya, tetapkan hati agar tidak ikut larut dalam obrolan-obrolan dan perbuatan yang mengarah ke hal-hal tak terpuji. Kurangi juga kegiatan-kegiatan yang bisa berpotensi mendatangkan mudharat bagi kehidupan agar puasa yang nanti kita lakukan bisa mendatangkan pahala bagi kita.


5. Menjaga kesehatan


Puasa Sebentar Lagi, Ini 8 Persiapan yang Harus Dilakukan Kaum MuslimPixabay.com/RyanMcGuire

Tentu saja, menjaga kesehatan saat akan menghadapi bulan puasa merupakan hal yang tak boleh dilewatkan. Karena selama puasa tidak makan dan minum, tubuh biasanya memerlukan asupan yang bergizi agar tidak lemas saat menjalankan puasa. Maka mulai dari sekarang, jaga kesehatan tubuh dengan makanan sehat dan aktivitas fisik yang intensif.


6. Batasi waktu berselancar di dunia maya, terutama media sosial


Puasa Sebentar Lagi, Ini 8 Persiapan yang Harus Dilakukan Kaum MuslimPixabay.com/ianwakefield1967

Karena rentan dengan hal-hal negatif, penggunaan gadget (terutama media sosial) semestinya harus benar-benar dikurangi. Sesekali sih kamu boleh berselancar di dunia maya untuk kebutuhan informasi, namun jangan sampai larut dalam obrolan tak bermutu di medsos. Ganti waktu selancarmu di jagat maya dengan banyak melakukan kegiatan ibadah.


7. Jaga lisan


Puasa Sebentar Lagi, Ini 8 Persiapan yang Harus Dilakukan Kaum MuslimPixabay.com/andreas160578

Di era sekarang dimana kebebasan berpendapat semakin didengung-dengungkan, bukan tidak mungkin kamu sesekali pernah menyakiti orang lain dengan lisanmu. Terutama di bulan puasa nanti, menjaga lisan dari ucapan-ucapan tak terpuji tentu saja harus dilakukan.


Ingat ya, meski lidah tak bertulang namun dampak lisan akan sangat berdampak besar saat sudah menyinggung perasaan orang lain.


8. Melunasi hutang puasa di tahun kemarin


Puasa Sebentar Lagi, Ini 8 Persiapan yang Harus Dilakukan Kaum MuslimPixabay.com/Afik_eleck

Nah, ini nih hal yang paling krusial saat kamu akan memasuki bulan puasa dan menjalaninya sebagai nilai ibadah. Karena banyak sebab, kamu mungkin memiliki hutang puasa selama beberapa hari yang harus tertunai sebelum puasa selanjutnya tiba. Bagi kamu yang masih punya hutang puasa di tahun kemarin, lebih baik tunaikan dulu sebelum bulan puasa tiba sebentar lagi.


Yuk kita sambut bulan penuh berkah dengan bermuhasabah dan menyucikan diri masing-masing dengan saling bermaaf-maafan. Selamat mengumpulkan amal di bulan Ramadan nanti ya, semoga kita semua mendapat keberkahan!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspiration/iip-afifullah/puasa-sebentar-lagi-ini-8-persiapan-yang-harus-dilakukan-kaum-muslim-c1c2/full



Artikel yang lain :