Tentang Kami
Produk
Kontak Kreasimenu

Ayo follow kita :

© PT Calpis Indonesia 2018 - All rights reserved

Festival Gion Matsuri di Kyoto: Satu dari 3 Festival Terbesar di Jepang


Rabu, 01 Agustus 2018 09:46 WIB


Festival Gion matsuri adalah festival tahunan berskala besar dengan berpanggungkan Kota Kyoto. Festival yang berlangsung satu bulan di musim panas ini sudah menjadi tradisi yang berlangsung lebih dari 1000 tahun!



Saat mendengar kata "festival", apa yang terbayang di benak Anda?


Apakah Rio Carnival di Brazil? Festival Perang Tomat di Spanyol? Atau Festival Balon Udara di New Mexico?Di Kyoto, ada juga festival yang tidak kalah menarik, lho!


Festival Gion Matsuri yang diadakan setiap tahun adalah festival berskala besar dengan Kota Kyoto sebagai panggungnya. Festival di musim panas ini sudah menjadi tradisi yang berlangsung lebih dari 1000 tahun!


Festival yang berasal dari sekitar 1100 tahun yang lalu ini, awalnya bertujuan untuk mengusir penyakit yang mewabah pada masa itu. Festival ini pernah dibatalkan berkali-kali karena adanya perang atau tekanan dari penguasa. Namun, kemudian dilakukan pemulihan dan Festival Gion Matsuri dihidupkan kembali oleh warga Kota Kyoto. Karena semangat dan kerja keras orang-orang terdahulu untuk membangkitkan kembali festival inilah, maka terukir sejarah panjang hingga kini.


Setiap tahun, Festival Gion Matsuri diselenggarakan selama satu bulan, yaitu mulai tanggal 1 Juli hingga 31 Juli. Festival ini berlangsung serentak di persimpangan Jalan Karasuma dan Jalan Kawaramachi. Besar sekali bukan? Puncak perayaannya adalah 4 hari, yaitu tanggal 14-16 Juli yang disebut Yoiyama (pemanasan sebelum parade besar) dan tanggal 17 di mana kereta parade Yamaboko diarak ke kota.


Selama 4 hari tersebut, Anda bisa berjalan berkeliling sambil menyantap makanan kaki lima dengan berlatarkan kemeriahan "hoko" (tombak dengan kereta parade) yang dihiasi iluminasi indah. Pantas saja jika momen itu disebut sebagai bunganya Festival Gion Matsuri. Terdengar menyenangkan bukan?


3 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menonton Festival Gion Matsuri



th_DSC_4453


Agar dapat menikmati Festival Gion Matsuri dengan maksimal, ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan.




  • Pertama: Toilet



Meskipun perayaan ini berlangsung megah dan meriah, perlu diingat bahwa toilet hampir tidak tersedia. Tentu saja ada toilet umum, tetapi tidak mudah dicari. Selain itu, sangat sedikit orang yang bisa memberikan informasi dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, Anda bisa langsung menuju ke toilet di dalam stasiun atau di dalam minimarket.




  • Kedua: Hujan



Di puncak perayaan Festival Gion Matsuri yaitu Yoiyama (tanggal 14-16 Juli) bisa dikatakan hampir pasti turun hujan. Untuk itu, lebih baik jika Anda menyiapkan payung atau matel hujan. Jangan khawatir, payung dan mantel tersedia di seluruh minimarket!




  • Ketiga: Uang



Harga jajanan yang dijual di kaki lima berkisar antara 200 hingga 1000 Yen. Oleh karena itu, akan lebih praktis jika Anda menukar uang 10.000 Yen Anda menjadi pecahan yang lebih kecil.

Sumber : https://matcha-jp.com/id/359




Artikel yang lain :