Tentang Kami
Produk
Kontak Kreasimenu

Ayo follow kita :

© PT Calpis Indonesia 2018 - All rights reserved

Fakta Bulan Desember Yang Mesti Kamu Ketahui


Selasa, 04 Desember 2018 15:33 WIB


Desember, bulan terakhir dalam satu tahun ini adalah bulan keduabelas dan dianggap sebagai bulan yang penuh kasih sayang dan suka cita karena orang-orang akan segera menyambut datangnya tahun baru. Sebagai bulan dipenghujung tahun, desember ternyata punya beberapa fakta menarik yang bisa kamu ketahui. Nah, artikel berikut ini akan memberitahukanmu beberapa fakta tentang bulan desember yang mungkin tidak kamu ketahui.


1. Asal Nama Desember


Source: Tante Tati


Nama bulan desember berasal dari kata decem yang dalam bahasa Romawi kuno berarti sepuluh. Mengapa sepuluh? Karena sebelum kalender bangsa Romawi disempurnakan mereka hanya memiliki sepuluh bulan dalam satu tahun tanpa bulan januari dan februari. Meskipun kedua bulan tersebut sudah ditambahkan dalam kalender tahunan tetap saja nama desember digunakan dan tidak diubah menjadi nama lainnya.


2. Permulaan Musim Dingin Dan Musim Panas


Source: Unsplash


Musim-musim dinegara-negara yang terletak dibelahan bumi utara dan selatan selalu berganti setidaknya dalam tiga bulan sekali. Pada bulan desember, belahan bumi bagian utara akan memasuki musim dingin dibulan ini, biasanya dimulai pada tanggal 21 desember. Sementara itu masyarakat dibelahan bumi selatan sedang akan memasuki musim panas dibulan ini. Kamu lebih suka musim dingin atau musim panas, guys?


3. Bulan AIDS


Source: Artsy Bee


AIDS atau Acquired Immuno Deficiency Syndrome adalah salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus HIV atau Human Immunodeficiency syndrome. Untuk menguatkan kampanye  pencegahan AIDS diseluruh dunia, badan organisasi kesehatan dunia mencanangkan bulan desember sebagai bulan kampanye anti aids atau International AIDS awareness month terutama tangga 1 desember. Tentunya dibulan ini kamu akan menjumpai berbagai kampanye anti aids baik dimedia massa maupun dijalanan.


4. Penghargaan Nobel


Source: Fill


Penghargaan nobel yang merupakan penghargaan tertinggi untuk ilmu pengetahuan dan sastra yang diserahkan atas dasar wasiat oleh Alfred Nobel, seorang ilmuwan besar penemu dinamit,juga selalu diberikan dibulan desember tepatnya ditanggal 10 desember  untuk para ilmuwan dan peneliti yang telah memberikan sumbangsih besar dibidang penelitian.  Tanggal 1o desember dipilih sesuai dengan tanggal wafatnya Alfred Nobel ditahun 1896.


5. Penarikan Uang Di Atm


Source: 3dman_eu


Kamu tentunya sering menarik uang di mesin atm bukan? Tahukah kamu jika bulan desember adalah bulan dimana masyarakatnya mengambil uang dengan jumlah terbanyak dibandingkan dengan bulan lainnya di negara Inggris. Hampir sebelas milyar pounsterling diambil oleh warga Inggris dibulan ini dan jumlah itu tentunya lebih besar dibanding bulan lainnya. Mungkin karena dibulan ini warga disana membutuhkan lebih banyak uang untuk perayaan natal ya, guys!


6. Apple Watch


Source: fancycrave1


Siapa yang tak kenal dengan brand gadget ternama yang satu ini. Selain mengeluarkan produk ponsel, perusahaan Apple juga mengeluarkan produk gadget lainnya seperti smartwatch atau jam tangan pintar yang diberi nama Apple Watch. Berdasarkan data statistic, penjualan apple watch dibulan desember adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan penjualan jam tangan ini dibulan lainnya. Apakah kamu adalah salah satu orang yang membelinya dibulan desember?


7. Bulan Fruit Cake Di Amerika


Source: hewq


Warga Amerika selalu memperingati bulan dalam setiap tahun dengan cara yang unik dan tentunya berbeda. Jika bulan cokelat dan pizza serta eskrim dirayakan dinegara ini demikian juga dengan fruit cake. Bulan desember sendiri dirayakan masyarakat Amerika tak hanya sebagai bulan fruitcake atau cake buah nasional tetapi juga bulan eggnog dan bulan buah pear nasional. Wah pastinya akan ada banyak fruitcake selama natal di Amerika.


8. Hari Yang Paling Tidak Beruntung


Source: Ryan Mc Guire


Banyak mitos yang beredar diberbagai negara didunia yang menyangkut bulan desember. Salah satunya adalah mitos bahwa bulan desember adalah bulan yang paling tidak beruntung. Ketidakberuntungan bulan desember terletak ditanggal 28 atau minggu terakhir bulan ini. Entah mengapa masyarakat barat mempercayai hal ini. Biasanya mereka tidak mau beraktifitas atau keluar ditanggal tersebut. Aneh juga ya!


9. Pohon Natal Tiruan


Source: Unsplash


Bulan desember adalah bulan perayaan natal bagi umat nasrani diseluruh dunia. Sukacita natal tersebar diseluruh belahan dunia dan setiap rumah akan dihias dengan pohon natal yang dihiasi berbagai pernak pernik. Jika di zaman dahulu masyarakat atau umat nasrani menggunakan pohon cemara atau pinus asli sebagai pohon natal, masyarakat saat ini lebih menggunakan pohon tiruan yang lebih awet dan mudah dipasang. Tahukah kamu bahwa pohon natal tiruan pertama kali dibuat dibulan desember di Jerman. Dulunya mereka membuat pohon natal dari bulu angsa yang diwarnai dengan pewarna hijau. Seperti apa ya kira-kira bentuknya.

Sumber : http://cintaihidup.com



Artikel yang lain :